Berita Serie A

Beragam informasi dan analisa seputar Liga Fantasia & Serie A tersaji disini.

  • Prediksi Bek Nyayur di Giornata 9 Liga Fantasia

    "Tiga pemain belakang yang berpotensi meraih poin bagus di pekan ke-9 Liga Fantasia Serie A, tulisan twitter @ronaldlorenz."

    1.Gleison Bremer #Torino (4.6)
    Lawan : Genoa (home)

    Gleison Bremer adalah centre-back adalah otak dibalik kesuksesan Torino menjadi tim dengan jumlah kebobolan terendah ketiga (setelah Napoli dan Milan). Bremer merupakan pilihan utama Torino yang telah memainkan 7 dari 8 game dengan jumlah kebobolan 5 gol ketika Bremer bermain dengan rataan kebobolan 0,7 gol/laga, padahal tim-tim yang dihadapi oleh Torino bukanlah tim sembarangan. Atalanta, Lazio, Juventus dan Napoli seolah kesulitan masuk ke area pertahanan Torino yang dikawal Bremer.

    Dari 7 laga yang sudah dijalani, Bremer bermain sebanyak 614 menit, melakukan 0,9 shot/laga, memenangkan 3,9 aerial duel/laga, 0,4 foul/laga dan berhasil mencetak 1 gol serta memenangkan man of the match (vs Salernitana). Sebuah catatan yang tidak buruk. Torino sudah meraih 2 kali clean sheets sejauh ini, diantaranya sekali diraih saat laga melawan Sassuolo.

    Sementara itu dari sisi lawannya, Genoa sudah tidak pernah menang dalam 5 pertandingan terakhir. Bahkan kekalahan terakhir Genoa diderita saat kalah 1-0 vs Salernitana yang saat ini menghuni dasar klasemen. Hingga giornata 8, Genoa adalah tim dengan jumlah kebobolan terburuk kedua setelah Spezia. Namun, perlu di ingat, sumber gol Genoa bisa datang dari posisi mana saja dan tidak bergantung pada striker mereka.

    Kesimpulan:

    - Peluang Torino untuk meraih clean sheet cukup terbuka jika tampil dengan komposisi terbaik mereka.
    - Peluang Torino untuk membobol gawang Genoa dan meraih kemenangan cukup terbuka.
    - Bremer tentu mempunyai peluang untuk clean-sheet atau bahkan mencetak gol kalau melihat performanya sampai saat ini.

    2. Fikayo Tomori #ACMilan (5.5)
    Lawan: Bologna (away)

    Tomori membayar kepercayaan Milan yang menebusnya dari Chelsea dengan cara yang elegan. Sebagai bek asing yang membela salah satu klub besar Italia, Tomori berperan besar atas performa lini belakang AC Milan yang hingga giornata ke 8 baru kebobolan 7 gol dan merupakan tim terbaik kedua di Italia dengan jumlah kebobolan paling sedikit. Dari 8 laga awal Serie A, Tomori mencatatkan 661 menit bermain dan 3 clean sheets, serta hanya 1 kali terkena kartu kuning, sebuah pencapaian yang bagus untuk ukuran bek tengah dengan harga 5.5 juta di Liga Fantasia dan telah berhadapan dengan penyerang-penyerang tim besar dan produktif semisal Lazio, Juventus dan Atalanta.

    Milan sangat bergantung pada bek tengah andalan mereka ini. Kebobolan 7 gol dari 8 pertandingan dengan 3 pertandingan diantaranya adalah melawan tim yang berada di 7 besar klasemen merupakan prestasi tersendiri bagi Milan, apalagi lawan yang akan dihadapi Milan selanjutnya adalah Bologna yang dalam 5 pertemuan terakhir Bologna vs Milan, Milan superior dengan memenangkan 4 laga diantaranya dan 1 laga berakhir seri. Bahkan jika ditarik lebih jauh, kekalahan terakhir Milan atas Bologna di Renato Dall’Ara terjadi hampir 20 tahun lalu yaitu pada 11 Maret 2002 lalu, saat itu Bologna menang 2-0.

    Bologna pada 8 pertandingan awal Serie A memperlihatkan performa yang naik-turun. Melawan tim yang berada di 7 besar klasemen sementara, Bologna cukup tricky. Setelah berhasil menahan imbang Atalanta, Bologna dihajar Inter dengan 6-1, namun kemudian Bologna membantai Lazio dengan 3-0. Namun, Bologna juga kalah 4-2 dari tim promosi Empoli.

    Kesimpulan:

    - Tomori memperlihatkan konsistensi sebagai bek kisaran harga 5.0-6.0.
    - Peluang untuk Milan menang dan clean sheet pada laga ini sangat terbuka lebar mengingat Milan menang di 5 laga terakhir vs Bologna dan menang 4 kali dan sekali seri di Renato Dall’Ara.
    - Bologna sejauh ini telah kebobolan 15 gol di liga namun clean sheet terakhir Bologna terjadi pada awal bulan lalu saat berhadapan dengan Lazio.

    3. Giorgio Chiellini #Juventus (5.3)
    Lawan : Inter Milan (away)

    Chiellini diprediksi akan starter saat Juventus tandang melawan Inter. Pelatih Juventus sepertinya menyimpan Chiellini saat mid-week lalu untuk persiapan big-match melawan Inter. Kontribusi dalam dua pertandingan terakhir, Chiellini selalu bermain 90 menit dan Juventus clean-sheet. Ketenangan dan pengalaman Chiellini sangat diperlukan Juventus untuk membendung serangan Inter seperti yang dilakukan Chiellini saat bermain penuh melawan Roma minggu lalu.

    Dari 8 pertandingan Juventus di liga, Chiellini telah bermain sebanyak 6 kali, 4 sebagai starter dan 2 sebagai pengganti dengan menit bermain sebanyak 411 menit. Dia memenangkan 2 aerial duel/laga dengan persentase umpan sukses sebanyak 84,6 persen, pencapaian yang luar biasa untuk seorang bek berusia 37 tahun. Bersama Bonucci, kompatriotnya di tim nasional Italia, Chiellini akan bahu membahu menghalau serangan Inter.

    Inter sendiri mencoba untuk bangkit dari kekalahan memalukan atas Lazio minggu lalu di Roma. Kebobolan 3 gol (vs Lazio) minggu lalu, sejauh ini menempatkan Inter di posisi ke-6 dari tim-tim 7 besar dengan jumlah kebobolan terbanyak hanya lebih baik dari Lazio. Sudah lama Inter tidak merasakan clean-sheet, terakhir kali Inter clean-sheet terjadi 2 bulan lalu, yaitu pada giornata pertama vs Genoa.

    Kesimpulan:

    - Chiellini berpengalaman menghadapi laga-laga krusial, pengalaman dan ketenangan Chiellini diperlukan Juventus untuk menghadapi Inter yang sedang berusaha bangkit.
    - Chiellini dipersiapkan Allegri secara khusus untuk menghadapi laga sulit seperti minggu lalu (vs Roma) dan minggu ini melawan Inter.
    - Secara harga, Chiellini adalah bek dengan pengalaman tinggi dengan harga murah. Clean-sheet bukanlah sesuatu yang mustahil bagi Juventus ketika duet Chiellini-Bonucci bermain bersama.