Berita Serie A

Beragam informasi dan analisa seputar Liga Fantasia & Serie A tersaji disini.

  • Prediksi Kiper Potensial di Giornata 9 Liga Fantasia

    "Tiga kiper yang diprediksi meraih poin nyayur di pekan ke-9 Liga Fantasia Serie A, tulisan twitter @ronaldlorenz."

    1. David Ospina #Napoli (5.4)
    Lawan: AS Roma (away)

    Napoli di 8 pertandingan awal liga adalah sebuah fenomena. Memainkan 8 pertandingan dan menyapu bersih 8 pertandingan tersebut dengan kemenangan adalah hal yang istimewa.

    Suksesnya Napoli bertengger di peringkat pertama klasemen Serie A tidak terlepas dari peran kiper andalan mereka, David Ospina. Kiper berusia 33 tahun tersebut mencatat jumlah kebobolan paling sedikit sejauh ini, yakni hanya 2 gol (vs Fiorentina dan vs Juventus).

    Dari 8 pertandingan Napoli di liga musim ini, Ospina bermain penuh sebanyak 6 kali dengan durasi 540 menit bermain. Dari 6 pertandingan yang telah dimainkan, Ospina melakukan penyelamatan sebanyak 2,5 penyelamatan/pertandingan (88% save per game), dengan akurasi umpan sebanyak 79% dan 4 kali clean-sheet.

    Napoli diuntungkan dari rekor lima pertemuan terakhir mereka melawan Roma di Olimpico. Tuan rumah hanya menang 1 kali dan sisanya kalah. Kemenangan terakhir Roma diraih pada 2 November 2019 lalu.

    Kesimpulan:

    - Ospina adalah jaminan mutu kiper berharga murah yang rajin melakukan penyelamatan dan clean sheet.
    - Peluang Ospina tampil bugar dan clean-sheet serta memperpanjang rekor clean-sheet terbuka lebar mengingat Ospina sengaja disimpan oleh Spalletti pada laga tengah minggu di Eropa.
    - 2 gol yang bersarang di gawang Napoli saat Ospina bermain 1 dari hasil set piece tendangan penjuru dan satu dari kesalahan pemain belakang Napoli.

    2. Juan Musso #Atalanta (5.5)
    Lawan: Udinese (home)

    Musso telah bermain sebanyak 7 kali dari 8 pertandingan awal Atalanta di liga dengan menit bermain sebanyak 630 menit.

    Tidak mudah menjadi kiper di tim yang memainkan permainan super ofensif seperti Atalanta, namun Musso membuktikan bahwa dia mampu memainkan peran sebagai kiper utama.


    Baca artikel lainnya

    Prediksi Bek Nyayur di Giornata 9 Liga Fantasia

    Prediksi Striker Gacor di Giornata 9 Liga Fantasia


    Sejauh ini, Musso membawa Atalanta mencatat jumlah kebobolan sebanyak 10 gol (nomor 5 terbaik setelah Napoli, AC Milan, Torino dan AS Roma). Dia memiliki rerata kebobolan 1,1 gol/laga dengan tingkat persentase penyelamatan 70 persen atau 2,7 penyelamatan/laga dan umpan akurat sebanyak 72% serta berhasil clean-sheets sebanyak 2 kali.

    Lawan yang akan dihadapi oleh Atalanta pada giornata ini adalah Udinese, yang terakhir kali menang pada saat tandang ke Spezia bulan lalu. Sempat kalah 3 kali beruntun tanpa mampu mencetak gol, Udinese berhasil mencetak 4 gol dalam dua partai terakhir, 3-3 vs Sampdoria dan 1-1 vs Bologna.

    Kesimpulan:

    - Juan Musso masuk dalam kategori pilihan kiper berkualitas dengan harga terjangkau. Melawan Udinese seharusnya mudah bagi Atalanta untuk menang dan Musso clean-sheet.
    - Clean-sheet terakhir Musso terjadi pada sekitar 1 bulan lalu pada laga melawan Salernitana, sedangkan laga terakhir Udinese gagal mencetak gol adalah pada saat Udinese menjamu Fiorentina.

    3. Wojciech Szczesny #Juventus (5.7)
    Lawan: Inter Milan (away)

    Szczesny pernah dianggap turut bertanggungjawab atas hasil buruk yang menimpa Juventus yang menderita 2 kekalahan dan 2 imbang di 4 pertandingan awal liga. Sungguh pun demikian, Juventus tetaplah Juventus yang memiliki pemain-pemain juara, termasuk Szczesny. Pasca imbang melawan Milan di giornata ke 4, Juventus meraih kemenangan pertama mereka kontra Spezia. Selanjutnya, Juventus seakan tidak terhentikan. 4 kemenangan beruntun dengan 2 pertandingan terakhir clean-sheet membangkitkan moral dan kepercayaan diri Szczesny dan Juventus.

    Szczesny sebenarnya bukanlah kiper kaleng-kaleng. Dari 8 pertandingan awal Juventus, 7 diantaranya digawangi Szczesny dengan jumlah menit bermain 630 menit, melakukan persentase umpan akurat 78%/pertandingan, dengan rataan jumlah jumlah kebobolan 1,1 gol/laga dan jumlah penyelamatan 3,1 save/laga (73 %) dan 50% save penalty.

    Away ke Inter adalah kesempatan yang baik bagi Szczesny dan Juventus untuk membuktikan bahwa Juventus yang ‘hilang’ di 4 pertandingan awal telah kembali ke bentuk sebenarnya. Juventus dapat memanfaatkan limbungnya Inter pasca kekalahan Inter dari Lazio minggu lalu.

    Kesimpulan:

    - Potensi bagi Juventus memenangkan pertandingan melawan Inter dan Szczesny untuk melakukan clean-sheet terbuka lebar.
    - Kemenangan atas Inter akan mengangkat moral Juventus bahwa mereka adalah pesaing scudetto musim ini.
    - Szczesny adalah pilihan kiper yang tepat dengan harga bersahabat dan potensi clean-sheet serta penyelamatan yang banyak.